Rabu, 10 Juni 2009

Agum Gumelar soal Anggaran Alutsista: Prioritaskan Pemeliharaan, Bukan Pengadaan

Prioritas utama untuk alokasi dana sebaiknya ditujukan bagi pemeliharaan alutsista.
Selasa, 9 Juni 2009, 16:44 WIB
Ismoko Widjaya, Yudho Rahardjo
Agum Gumelar (Antara/ Prasetyo Utomo)

VIVAnews - Anggaran pertahanan yang terbatas harus dapat digunakan dengan skala prioritas yang baik. Maka itu, prioritas utama untuk alokasi dana sebaiknya ditujukan bagi pemeliharaan alat utama sistem persenjataan atau alutsista.

"Pundi-pundi keuangan negara kan terbatas. Jadi kita harus mempunyai prioritas. Prioritasnya adalah pemeliharaan alutsista," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI-POLRI (PEPABRI), Agum Gumelar.

Hal itu disampaikan purnawirawan Jenderal TNI ini, usai menghadiri pemakaman Komandan Pusat Pendidikan Kopassus, Kolonel Infanteri Ricky Samuel, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Juni 2009.

"Prioritasnya adalah pada pemeliharaan alutsista. Kalau pemeliharaan tidak bisa ditunda, kalau pengadaan masih bisa ditunda," ujar Agum yang juga mantan Komandan Jenderal Kopassus tahun tahun 1993-1994 ini.

Akibat cuaca buruk, helikopter Bolkow-105/HS-7112/Riky Route, jatuh di kawasan perbukitan Rawa Beber, Cianjur Selatan, sekitar pukul 14.05 WIB, Senin 8 Juni 2009. Tiga korban tewas sudah dibawa ke rumah duka masing-masing. "Dalam latihan, faktor cuaca harus lebih diperhitungkan," ujar Agum.

Sementara dua korban selamat masih menjalani perawatan. Lettu Hadi Ismanto dan Letda Agus Sudarsono mengalami luka serius dan harus menjalani perawatan

Berikut data korban:
1. Lettu Hadi Ismanto (Pilot), kondisi luka berat
2. Lettu Penerbang Yuli Sasongko (Kopilot), kondisi tewas
3. Komandan Pusat Pendidikan Kopassus, Kolonel Infanteri Ricky Samuel (penumpang), kondisi tewas
4. Kepala Seksi Operasi Latihan, Kapten Infanteri Agung Gunanto (penumpang), kondisi tewas
5. Lettu Infanteri Agus Sudarsono (penumpang), kondisi luka ringan

ismoko.widjaya@vivanews.com

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar